Cara Enable ActiveX pada browser Internet Explorer

          Share artikel tentang cara mengaktifkan atau enable ActiveX pada browser internet explorer ini saya dapatkan ketika saya kesulitan saat akan mengakses NVR (Network Video Recorder) lewat browser internet explorer. Setiap kali mengakses alamat web (ip address ), tampilan gambar tidak bisa di-load karena ada komponen yang tidak bisa diinstal. Padahal alamat ip address dari kamera tersebut masih diakses dalam jaringan internal. Gambar error message yang muncul adalah sebagai berikut:


          Dari gambar diatas, terlihat bahwa internet explorer telah memblock komponen AVC_AX_NVR.cab karena komponen tersebut berasal dari publisher yang tidak diketahui. Untuk mengatasi permasalahan diatas, maka setingan ActiveX control and Plug-ins harus kita enable. Sebelumnya, bagi temen-temen yang belum mengetahui apa itu ActiveX control maka berikut adalah sedikit penjelasan mengenai komponen tersebut.

Definisi dan Pengertian ActiveX Control

          ActiveX control adalah sebuah control (yang dimaksud control disini adalah sebuah object yang terdapat pada sebuah windows atau dialog box, seperti misalnya push button, radio button dan pull-down button. Bisa juga merupakan sebuah OLE atau ActiveX object) yang menggunakan Microsoft ActiveX technologies. ActiveX adalah bukan bahasa pemrograman, melainkan seperangkat aturan untuk bagaimana aplikasi harus berbagi informasi, seperti misalnya membuat komponen ActiveX yang digunakan untuk memasukkan berbagai interaksi di halaman web Internet Explorer . Pemrogram dapat mengembangkan ActiveX control dalam berbagai bahasa, termasuk C, C + +, VisualBasic, dan Java.

           ActiveX Control ini mirip dengan Java applet. Tetapi tidak seperti applet Java, ActiveX Control ini memiliki akses penuh ke sistem operasi Windows, sehingga lebih berisiko untuk dapat mengendalikan dan merusak sistem komputer. Oleh karena itu hati-hatilah jangan sampai salah mendownload dan menjalankan ActiveX Control ini. Karena resiko keamanan tersebut maka Microsoft mengembangkan sistem pendaftaran sehingga browser dapat mengidentifikasi dan mengotentikasi ActiveX Control sebelum mendownloadnya. Perbedaan lain antara applet Java dan ActiveX Control adalah bahwa Java applet dapat ditulis untuk berjalan pada semua platform, sedangkan ActiveX Control saat ini terbatas pada lingkungan Windows.

Cara meng-Enable ActiveX control and Plug-ins pada Internet Explorer


          Sebelumnya, pastikan user login yang kita gunakan sudah selevel Administrator local sehingga bisa melakukan perubahan pada sistem komputer. Selanjutnya untuk lebih memudahkan maka terlebih dahulu kita masukan alamat web / ip address dari IP Camera tersebut ke Trusted site zone, kemudian barulah meng-enable ActiveX control untuk Trusted site zone tersebut sehingga hanya alamat atau ip address yang kita daftarkan saja yang ActiveX -nya kita enable. Berikut langlah-langkahnya:

  • Buka Internet Options dengan mengklik tab Tools (atau bisa dengan menekan tombol ALT + X bersama-sama).
     
  • Klik Tab Security, kemudian klik icon Trusted sites seperti terlihat pada gambar dibawah:


  • Klik tombol Sites, kemudian daftarkan ip address atau alamat web dari IP Camera, seperti contoh dibawah, setelah itu klik tombol Close.


  • Tampilan akan kembali seperti pada no 2, kemudian klik tombol Custom Level, kemudian carilah ActiveX control and Plug-ins, ubahlah semua setingan menjadi enable.


  • Setelah selesai klik OK dan cobalah lagi untuk mengakses halaman ip address camera.
  • Apabila ada message seperti gambar dibawah, klik Run, dan seharusnya saat ini komponen AVC_AX_NVR.cab yang tadi sudah bisa diinstal sehingga alamat IP Camera bisa diakses.

 Demikian sharing artikel yang dapat saya sampaikan..Semoga bermanfaat.

Sumber : http://windows.microsoft.com/en-us/windows/help/genuine/ie-activex

0 Response to "Cara Enable ActiveX pada browser Internet Explorer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel