Konfigurasi Unifi AP Indor 802.11n Access Point


Unifi AP adalah salah satu produk yang dikeluarkan oleh UBNT. Untuk kali ini yang akan saya bahas adalah konfigurasi AP Indor 802.11n.

Seperti perangkat lainya keluaran UBNT untuk dapat melakukan remoot unifi kita harus setting ip komputer kita satu network dengan perangkat unifi. ( untuk ip default unifi adalah 192.168.1.20 )

Yang pertama kita lakukan adalah klik icon unifi kemudian akan muncul untuk launcer unifi.
Setelah itu kita klik
"Launch a Browser to Manage Wireless Network"
 otomatis akan direk ke browser kita.

Masukan user password yang pernah kita setting saat kita melakukan instal launcer controler unifi.
Jika anda belum melakukan instal launcer anda  bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang instalasi Launcer kontroler pada artitel "Instal launcer controler unifi"

Jika anda sudah login klik menu access points akan muncul tampilan sebagai berikut


Untuk unifi yang akan saya setting mac addressnya adalah dc:9f:db:f6:98:78 , untuk konfigurasi selanjutnya adalah dengan melakukan klik pada Mac address tersebut. akan muncul tampilan sebagai berikut.

Diatas terlihat informasi "Managed by Other" itu berarti bahwa perangkat unifi tersebut telah disetting menggunakan kontroler komputer lain. Jika anda tidak tahu user dan password untuk kontroler yang lama lakukan riset perangkat. Jika anda tahu masukan user dan passwordnya kemudian klik adopt.
Kebetulan saya tahu untuk user dan password untuk kontroler yang lama kemudian setelah itu saya klik adopt.
Pasa status diatas device masih provisioning. Kita tunggu sampai status conected. seperti tampilan berikut.
Jika sudah seperti gambar diatas, kembali kita KLIK untuk mac addressnya.
KLIK menu Configuration -> WLANS
Setelah muncul seperti diatas KLIK overide untuk melakukan pergantian SSID. contoh seperti gambar dibawah

Kemudian kita lanjutkan untuk melakukan konfigurasi ->Network untuk memasang ip monitoring.

Kemudian kita pilih statik pada configure ip.

Sesuaikan input ip dengan alokasi ip yang akan kita gunakan untuk monitoring perangkat tersebut. Setelah kita setting untuk ip monitoring kita lanjutkan untuk melakukan konfigurasi password untuk login wifi tersebut.

KLIK Menu Setting seperti yang ditunjukan tanda panah diatas.


KLIK Menu Wireless Network
Klik Edit


Dikarekan untuk user pass login wifi sudah saya setting pada router pada unifi untuk security saya pilih Open.

Konfigurasi selesai, silahkan mencoba....,,,,,,

6 Responses to "Konfigurasi Unifi AP Indor 802.11n Access Point "

  1. Replies
    1. Terima kasih gan,,silahkan baca juga artikel saya yang lain, semoga bermanfaat..

      Delete
  2. Mohon Bantuannya admin, saya sudh mengikuti cara2 diatas, kok nama SSID nya gag muncul ya di jaringan, saya cek lewt hp nama wifi yg sudh saya buat gag da.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Bang klo adoption failet itu knp? Dan diaconnected? Uda sya setting tpi setelah aply ada muncul pesan itu di status...
    Bisa di bantu bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan user dan passnya sudah sesuai gan,,jika masih failid reset aja unifinya..

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel