3 Cara Melihat Tipe Laptop

cara melihat seri laptop
Duniajaringanindo - Cara Melihat Tipe Laptop. Masih banyak orang yang suka bingung, bagaimana cara mengecek tipe Laptop yang mereka gunakan.Beda dengan merk yang Logo atau Namanya biasa tertulis di bagian belakang Body Laptop (Layar), tulisan tipe Laptop ini agak susah ditemukan.Padahal mengetahui tipe Laptop cukup penting. Saat kita ingin mencari driver saat melakukan instal ulang atau akan menjual laptop tersebut.

Buat Anda yang belum tahu, sebenarnya mengecek tipe Laptop itu mudah. Ada beberapa cara yang bisa Anda pakai untuk melihat tipe Laptop Anda sendiri, yang bisa digunakan untuk semua merk Laptop. Misalnya ASUS, Lenovo, Acer, Dell, Gigabyte, MSI, AXIOO, Toshiba, bahkan yang lain-lain, seperti Xiaomi. Nah, berikut ini saya ingin membahas cara-cara tersebut, yang saya rangkum dari yang paling mudah, ke yang paling ribet.

Tapi pastinya bisa dilakukan dengan cepat dan 100% Akurat tanpa perlu khawatir salah.

Berikut pembahasannya :

Cara Melihat Tipe Laptop

1. Melihat Tipe Laptop Melalui DXDIAG

cara melihat tipe laptop
DXDIAG, adalah sebuah Aplikasi pengecek Sistem, yang biasanya dipakai untuk melihat Spesifikasi Komputer / Laptop (Misalnya, RAM, VGA, Processor, bahkan tipe BIOS).

Nah, pada DXDIAG, juga biasanya terdapat Informasi tentang merk dan tipe Laptop. Walau kadang ada yang tidak lengkap, tapi setidaknya masih memberi Anda gambaran tentang tipe Laptop yang Anda pakai.

Caranya klik Start -> Run -> ketik DXDIAG (Bisa juga dengan Klik Tombol Windows + Tombol R, kemudian ketik DXDIAG).

Kemudian pada bagian System Manufacturer dan System Model. Akan tertera Tipe dan Merk Laptop yang Anda gunakan.

2. Lewat System Information

Cara ini tidak jauh beda dengan DXDIAG. Di System Information Ini kita bisa melihat berbagai informasi tentang Laptop.

Bedanya, System Information punya Informasi yang lebih detail ketimbang DXDIAG.

Disini kita bisa melihat berbagai Informasi spek, sampai tipe Komponen yang dipakai Laptop. Nah, tipe Laptop juga termasuk tentunya.

Caranya klik Start >> Lalu ketik System Information >> Kemudian buka. Pada bagian System Model, itulah tipe Laptop yang Anda pakai.

Cara ini juga sudah direkomendasikan oleh situs produsen Laptop besar, seperti Dell.

3. Melihat lewat BIOS

Tahukah Anda apa itu BIOS? Singkatnya, BIOS merupakan sebuah ‘Sistem’ yang telah lebih dulu ditanam oleh Produsen Laptop, sebelum Laptop tersebut dirilis.

Tidak perlu dibuat bingung. BIOS ini bisa terlihat ketika Laptop baru dinyalakan. Sebelum Laptop masuk Windows, terdapat sebuah tampilan (Biasanya ada Logo atau Merk).. Nah, inilah yang dinamakan Layar BIOS.

Cara cek tipe Laptop lewat BIOS, nyalakan Laptop >> Saat tampilan BIOS muncul >> Tekan Tombol F1 / F2 / F8 / / F11 / F12 / Del / Esc..

Semoga bermanfaat.

0 Response to "3 Cara Melihat Tipe Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel