4 dasar konfigurasi router yang perlu kita tahu

DuniaJaringanIndo - Dalam sebuah konfigurasi dasar router 4 hal yang perlu kita pahami adalah Ip Address, Default Route, Nat (Network Address Translation), dan DNS  (Domain Name Server).
duniajaringanindo.blogspot.com - dasar konfigurasi router

4 dasar konfigurasi router 


IP Address

Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Default route

Default route adalah sebuah rute yang dianggap cocok dengan semua IP address tujuan. Dengan default route ketika IP address destination(tujuan) dari sebuah paket tidak ditemukan dalam tabel routing, maka router akan menggunakan default route untuk mem-forward paket tersebut.

Nat

NAT (Network Address Translation) adalah adalah sebuah proses pemetaan alamat IP dimana perangkat jaringan komputer akan memberikan alamat IP public ke perangkat jaringan local sehingga banyak IP private yang dapat mengakses IP public.

Dns

DNS (Domain Name Server) adalah server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host lewat host name-nya. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya.

Demikian 4 dasar yang perlu kita tahu dan pahami tentang konfigurasi dasar router. Jika kita sudah mengetahui 4 hal tersebut apapun produk routernya misal cisco, juniper, mikrotik, dan lainya, kita akan mudah dalam melakukan konfigurasinya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "4 dasar konfigurasi router yang perlu kita tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel