Memahami dan Menerapkan Minimum RSSI Unifi

dunia jaringanindo - Memahami dan Menerapkan Minimum RSSI Unifi

Dunia Jaringanindo - kali ini saya akan berbagi mengenai apa RSSI Minimum serta gimana mengkonfigurasinya di Pengontrol UniFi. Postingan ini tidak hendak mangulas dasar- dasar uraian radio frequency ( RF), seberapa baik RF menyebar lewat bermacam bahan, RSSI secara mendalam, ataupun topik dasar jaringan yang lain.

Minimum RSSI (Received Signal Strength Indication) adalah nilai yang dapat dikonfigurasi pada AP sehingga wireless station (STA) diperlukan untuk memenuhi level sinyal minimum, seperti yang terlihat oleh AP, untuk dapat menghubungkan / menggunakan AP tertentu. Ini dikonfigurasikan berdasarkan AP. Tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua, ini sebenarnya membutuhkan beberapa konfigurasi yang cermat.

Tujuan utama ini adalah untuk membantu roaming STA dan membantu mencegah STA terhubung ke AP yang salah, yang dapat membuat kinerja AP dan mempengaruhi semua STA yang terhubung (pada AP itu).

Perhatikan bahwa ini adalah pendekatan lunak. Ini berfungsi dengan mengirim paket de-otentikasi ke STA, mirip dengan tombol sambungkan kembali yang ditemukan di UI pengontrol. Terserah STA untuk menemukan AP yang lebih baik untuk terhubung. Ini dapat terhubung kembali ke AP yang sama, terutama jika itu adalah satu-satunya dalam jangkauan. Dalam bentuknya saat ini, itu tidak akan mencegah STA menghubungkan kembali ke AP yang sama (bahkan beberapa kali).

Ini dapat digunakan untuk membantu ukuran sel, tetapi tidak serumit atau kaya fitur seperti penawaran vendor lain yang digunakan untuk tujuan itu. Kami sedang mempertimbangkan untuk menambah sensitivitas penerimaan dinamis, yang pada dasarnya akan membuat AP tuli untuk transmisi di luar rentang yang dikonfigurasi, tetapi itu saat ini tidak ada. Fitur itu akan mencegah STA menghubungkan kembali ketika mereka tidak berada dalam kisaran yang diinginkan (akan ada toleransi).

Cara Menentukan dan Mengkonfigurasi RSSI Minimum


RSSI minimum dikonfigurasikan dalam UI Kontroler UniFi. Namun, untuk menetapkan nilai RSSI minimum, konfigurasi fitur lanjutan harus diaktifkan.

Untuk mengaktifkan RSSI minimum pada Pengontrol UniFi lakukan hal berikut:

1. Buka "Pengaturan" di sudut kiri bawah UI web pengontrol.
2. Klik pada "Situs".
3. Di bawah Layanan, klik kotak centang untuk mengaktifkan fitur-fitur canggih.

dunia jaringaindo - Memahami dan Menerapkan Minimum RSSI Unifi

4. Klik Terapkan Perubahan.
5. Arahkan ke panel properti AP dengan mengklik AP di bagian Perangkat. Di dalam panel properties, buka Config dan klik Radio untuk memperluas bagian itu, dan klik Opsi Lanjutan untuk mengekspos opsi RSSI. Ini harus dilakukan untuk radio 2G dan 5G. Bagian ini akan memungkinkan Anda untuk mengatur RSSI minimum. Anda perlu memberi tanda centang pada kotak untuk mengaktifkannya dan kemudian memasukkan nilai RSSI minimum yang diinginkan untuk radio itu.

Nilai yang dikonfigurasi sama dengan nilai RSSI yang akan Anda lihat untuk setiap STA yang terhubung. Ini dikonfigurasikan oleh RSSI minimum pada basis per radio, per AP,. Pada kenyataannya, kontrol granular diperlukan untuk menggunakannya dengan benar. Cukup menetapkan nilai pada semua AP dapat memperkenalkan masalah yang tidak diinginkan.

dunia jaringaindo - Memahami dan Menerapkan Minimum RSSI Unifi

Untuk melihat pengguna yang terhubung dan STA RSSI tamu pergi ke tab Pengguna atau Tamu dalam jendela properti AP. Itu akan memberi Anda gambaran umum, dan kemudian Anda dapat memilih klien satu per satu untuk melihat frekuensi (radio) yang aktif. RSSI dari setiap STA, seperti yang terlihat oleh AP, adalah apa yang akan Anda lihat di kolom Sinyal.

dunia jaringaindo - Memahami dan Menerapkan Minimum RSSI Unifi

Untuk melihat detail lebih lanjut, Anda dapat mengklik STA yang ingin Anda lihat statistiknya, lalu klik Statistik. Ketika Anda melakukan itu, Anda akan melihat sesuatu seperti berikut:

dunia jaringaindo - Memahami dan Menerapkan Minimum RSSI Unifi

Dalam contoh di atas adalah saluran atau radio setiap STA terhubung. Dalam tanda kurung, itu menyebutkan protokol. Juga tersedia untuk dilihat adalah tarif TX / RX per klien.

Recomendasi


Parameter konfigurasi memungkinkan nilai antara -1 dan -94. Semakin dekat ke 0, semakin tinggi kualitas sinyal, dan semakin dekat ke -94 berarti semakin rendah kualitas sinyal. Jelas, saat Anda turun (menuju -94), itu akan menjadi lebih buruk dan ini juga akan mempengaruhi kinerja semua STA yang terhubung (pada radio atau AP). Idealnya, Anda menggunakan ini untuk mencegah kehilangan kinerja / membantu STA menjelajah ke AP yang lebih baik (jika mungkin).

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi STA RSSI di sisi AP, jarak, bahan bangunan, objek, gangguan, dll. Kami ingin dapat memberikan angka rata-rata, atau rentang, mengatakan gunakan ini untuk ini, dll, tetapi sebenarnya tidak sesederhana itu. Aman untuk mengatakan -80dBm akan menjadi titik awal untuk konfigurasi rumah atau kantor standar, tetapi tidak ada pengaturan sederhana yang akan bekerja untuk lingkungan apa pun karena semua perbedaan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, yang terbaik adalah melakukan survei. Ini dapat dilakukan dengan STA atau mungkin beberapa jenis STA. Setiap perangkat akan memiliki konfigurasi antena yang berbeda, dll, sehingga akan tampil berbeda di area yang sama dengan perangkat lain. Anda ingin menyambungkan ke SSID, membuatnya khusus untuk AP itu (menimpa SSID itu), dan kemudian berkeliaran ke apa yang Anda anggap tepi luar area cakupan yang diinginkan. Tandai STA RSSI, dan kemudian ambil beberapa poin lagi. Semakin banyak data yang Anda kumpulkan, semakin baik ide yang Anda dapatkan untuk nilai RSSI minimum untuk digunakan.
Demikian artikel mengenai memahami dan penerapan minimum RSSI Unifi, semoga dapat membantu kalian dalam melakukan penerapan konfigurasi fast roaming wifi unifi.

0 Response to "Memahami dan Menerapkan Minimum RSSI Unifi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel