Forwarding DNS Server Menggunakan Mikrotik

Dunia Jaringanindo - Forwarding dns server adalah sebuah konfigurasi dimana kita memaksa user untuk menggunakan dns yang telah kita tentukan. Walaupun disisi client melakukan pergantian ip dns server dengan DNS Open tanpa filtering akan tetap kita paksa untuk diarahkan ke DNS yang telah kita tentukan.

dunia jaringanindo - Forwarding DNS Server Menggunakan Mikrotik

Seperti yang telah kita ketahui bersama bagi kita sebagai penyedia layanan internet dalam aturan pemerintah kita diharuskan menggunakan dns server yang memiliki filtering dari konten - konten yang mengandung SARA, pornografi, dan situs - situs negatif lainya.

Untuk mendukung peraturan pemerintah mengenai internet positif tersebut  kita diwajibkan menggunakan dns server yang memiliki filtering seperti DNS Nawala, Comodo Secure DNS, dan DNS yang mendukung internet positif lainya.

Kali ini saya akan sedikit berbagi tentang cara forwarding dns server menggunakan router gateway mikrotik. Dalam tutorial kali ini saya akan menggunakan dns Nawala sebagai dns filtering untuk internet positif.

Untuk langkah yang pertama kita lakukan adalah dengan menambahkan DNS Nawala dalam router gateway mikrotik yang kita gunakan. Untuk mengetahui berapa saja dns nawala yang dapat kita dapat cek pada situs nawala[dot]id

Ketika melakukan konfigurasi DNS pada mikrotik jangan lupa untuk Allow Remote Requests kita centang supaya untuk ip gateway yang sudah kita setup pada router mikrotik dapat digunakan sebagai DNS. Seperti gambar dibawah ini.

dunia jaringanindo - setting dns server mikrotik
Setup dns di Mikrotik

Kemudian kita lanjutkan untuk melakukan konfigurasi forwarding DNS servernya pada menu IP-> firewall -> Nat seperti gambar berikut.

dunia jaringanindo - Forwarding DNS Server Menggunakan Mikrotik
forwarding dns server port udp

dunia jaringanindo - Forwarding DNS Server Menggunakan Mikrotik
forwarding dns server port tcp

Untuk script rulenya sebagai berikut

/ip firewall nat
add chain=dstnat action=dst-nat to-addresses=180.131.144.144 to-ports=53 protocol=udp dst-port=53
add chain=dstnat action=dst-nat to-addresses=180.131.144.144 to-ports=53 protocol=tcp dst-port=53

Demikian sharing singkat mengenai tutorial  forwarding dns server menggunakan router gateway mkrotik.

Semoga bermanfaat..

0 Response to "Forwarding DNS Server Menggunakan Mikrotik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel