Memahami Topologi Dasar ISP ( Internet Services Provider )

Apa itu ISP ?

ISP ( Internet Services Provider ) adalah suatu perusahaan yang memberikan layanan jasa internet untuk media komunikasi dan berbagi informasi secara online untuk perseorangan, perusahaan, sekolah, kampus, dan lain - lain. Berikut gambaran contoh topologi sebuah ISP.
topologi isp
Contoh Topologi Dasar ISP
NAP ( Network Access Point )

NAP adalah sebuah perusahaan yang memfasiliitasi pertukaran jaringan public, dimana ISP dan lembaga yang memiliki IP public sendiri bisa men transitkan ip nya agar dapat dikenal pada jaringan public. Contoh perusahan NAP INFO Lintas Nusa, TELIN dan masih banyak lainya.

IIX ( Internet Exchange )
Sekumpulan konten dari beberapa ISP dan perusahaan lainya yang dikelola oleh APJJI ( Asosiasi Penyelengara Jasa Internet Indonesia ).

OIXP ( Open Internet Exchange )
Sekumpulan konten dari beberapa ISP dan perusahaan lainya yang dikelola oleh IDC ( Indonesia Data Center )

GGC ( Google Global Cache )
Sebuah Server yang disedikan oleh provider bekerjasama dengan Google yang difungsikan sebagai Cache konten youtube supaya akses youtube dari user akan lebih cepat dibanding tanpa menggunakan GGC atau langsung ke server google.


DNS ( Domain Name Server )
Server yang digunakan untuk mengetahui ip address suatu host lewat host-name. Dalam dunia internet komputer saling terhubung satu dengan yang lain dengan cara mengenali ip addressnya.

Dari sedikit penjelasan diatas mengenai konten - konten yang ada, sebuah ISP akan berjalan dengan normal jika memiliki paling tidak 2 konten yaitu konten Internasional ( layanan dari NAP ) dan konten Domestik ( IIX dan OIXP atau salah salah satunya ). JIka salah satu dari konten tersebut mengalami kendala akan membuat layanan menjadi tidak maksimal.

Demikian sekit sharing dari saya semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "Memahami Topologi Dasar ISP ( Internet Services Provider )"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel