Script untuk remove ip dhcp lease pada Mikrotik

        Suatu ketika pada salah satu client dimana saya bekerja, si user tidak dapat akses internet walaupun user sudah dapat konek wifi dan login untuk akses internet. Saya lakukan pengecekan lebih lanjut untuk akses internet melalui Router Mikrotik client akses internet tidak ada masalah, dan saya lihat juga beberapa user yang sudah login lainya dapat akses internet.

        Dengan ditemani segelas kopi dan sebatang rokok saya cek lagi ternyata problem terjadi karena ip sudah terpakai semua terlihat pada dhcp server lease yang menunjukan semua ip yang sudah tidak digunakan masih tersimpan disana. Karena saya males ribet akhirnya saya bikin suatu script untuk menghapus secara optomatis setiap pukul 06:00 pagi yang sudah saya perkirakan pada sisi user jam segitu sudah tidak ada yang akses internet. Berikut langkah2 yang saya lakukan untuk menjalankan script yang saya buat tersebut.

1. Membuat script untuk remove ip dhcp-server lease

akses melalui winbox
System->scripts
:if ( [ / ip dhcp-server lease find ] != "" ) do={ / ip dhcp-server lease remove [ / ip dhcp-server lease find ] }
Berikut capture pada Router client yang saya set RB450.

scrip clear dhcp leases mikrotik

2. Kemudian saya buatkan schedule agar script tersebut dapat otomatis berjalan setiap pukul 06:00 pagi.

System -> scheduler
scrip clear dhcp leases mikrotik


Yang perlu diperhatikan agar schedul dapat berjalan tiap hari kita harus set juga System ->SNTP CLIENT.
Hal tersebut bertujuan agar time pada router dapat update realtime walaupun berangkat sempat down atau sengaja dimatikan di waktu tertentu.
Semoga bermanfaat

Link Video

16 Responses to "Script untuk remove ip dhcp lease pada Mikrotik"

  1. coba set aja nilai "leased time" menjadi berapa lama satu ip diberikan ke client, misal 00:06:00 (setiap 6 jam) klo leased timenya tercapai secara otomatis akan dihapus. (default leased time adalah 3 hari atau tertulis 3d 00:00:00).

    ReplyDelete
  2. kalo pada jaringan dengan banyak interface Vlan, menghapus otomatis dhcp lease untuk satu jaringan VLAN saja bagaimana minn ?.. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semisal agan punya beberapa vlan misal
      vlan10-offices-wifi name pada dhcp server adalah dhcp1
      vlan20-offices-lan name pada dhcp server adalah dhcp2

      misalnya agan hanya ingin menghapus dhcp dari vlan10-offices-wifi yaitu dhcp1.
      untuk scripnya silahkan agan sesuaikan menjadi seperti ini

      :if ( [ / ip dhcp-server lease find ] != "" ) do={ / ip dhcp-server lease remove [ / ip dhcp-server lease find server=dhcp1 ] }

      Delete
  3. Kalau script ini dijalankan, apakah daftar IP ADDRESS yang dibuat STATIS akan ikut hilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yang tutorial diatas akan menghapus semua lease nya gan,,

      Delete
  4. biar ip address yang dibuat static nya tidak ikut hilang gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahkan pengecualian dengan parameter ip staticnya gan

      Delete
  5. kalau sudah ip sudah dibinding, bakalan amankan gan? akan mendapat ip yang sama ketika lease semua terhapus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk script diatas akan menghapus semua list gan,,yang tebinding juga akan dihapus,,

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel