Problem Fitur Hotspot Login MikroTik

Akhir - akhir ini sering mendapat keluhan untuk akses ke wifi ketika menggunakan Hotspot Mikrotik dengan user rata - rata 60 user akses setiap hari. Kendala yang sering di alami adalah :

Semisal disuatu hotel ketika dia akses ke wifi untuk pertama kalinya user dapat akses ke page login untuk verifikasi akses internet dapat berjalan dengan baik, masalah baru terjadi ketika user keluar hotel untuk pergi beberapa waktu. Kemudian setelah kembali ke hotel merekan ingin melakukan akses kembali user mengalami kesusahan untuk akses ke internet dikarenakan page login tidak mau muncul. Biasanya pengecekan yang saya lakukan adalah sebagai berikut.

  • Biasanya dengan memaksa mengetikan IP Gateway untuk page loginya baru bisa muncul.
  • Terkadang kita harus melakukan clear mac address pada ip -> hotspot -> host dan pada dhcp-lease untuk page login baru bisa muncul kembali pada device user.
Untuk kita mungkin tidak menjadi masalah, namun bagi user akan menjadi masalah besar karena tidak membuat user merasa nyaman untuk akses internet di hotel tersebut.

Hasil uji coba beberapa kali sampai dengan saat ini belum menemukan formula untuk menanggulangi problem tersebut.

"Untuk saat ini sebagai antisipasi yang dapat saya lakukan adalah melakukan refresh Server Hotspotnya dengan cara melakukan disable enable server hotspot tersebut satu kali sehari"

Setelah saya melakukan hal tersebut untuk kendala tersebut belum muncul kembali. Untuk memudahkan proses refresh tersebut saya membuat script dan sceduler sebagai berikut.

Untuk membuat scriptnya bisa langsung ke menu

system -> scripts

Source disable server hotspot
/ip hotspot disable hotspot1;
Source enable server hotspot
/ip hotspot enable hotspot1;
Capture konfigurasi Scriptnya


Capture untuk Scedulenya


Penjelasan singkatnya adalah saya akan melakukan disable otomatis setiap hari pada pukul 05:00 am 

Demikian sedikit sharing dari saya, jika teman - teman blogger memiliki solusi yang lain silahkan dikomen, agar kedepanya problem ini tidak saya temukan kembali.

2 Responses to "Problem Fitur Hotspot Login MikroTik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel