Rogue DHCP Server

Rogue DHCP Server

Rogue adalah DHCP Server ilegal dalam jaringan, atau DHCP Server yang tidak dikonfigurasi oleh Administrator jaringan. Rogue DHCP Server biasanya ditunjukan untuk melakukan aktifitas hacking pada jaringan, Rogue DHCP Server akan memberikan konfigurasi IP Address yang tidak benar kepada komputer client.

Rogue DHCP Server dapat saja memberikan konfigurasi default gateway yang salah, sehingga traffik dari komputer client akan menuju ke Rogue DHCP Server dan bukan menuju ke default gateway yang sebenarnya. Biasanya tujuan orang membuat Rogue digunakan untuk melakukan penyadapan ( sniffing )

Ilustrasinya dapat dilihat pada gambar berikut.

Keterangan Gambar :

Seorang administrator jaringan membuat setup untuk DHCP Server dalam jaringan lokalnya dengan network 192.168.10.0/24 dengan default gateway 192.168.10.1 dan disana seseorang mencoba melakukan pencurian data dengan memasang Rogue dengan memberikan network yang sama namun memberikan default gateway yang berbeda yaitu 192.168.10.10.

Untuk mendeteksi hal tersebut dengan router mikrotik kita bisa menambahkan konfigurasi DHCP Alert yang nantinya dalam log router akan memberikan info ketika dalam jaringan kita ada sebuah Rogue yang dipasang oleh seseorang.

Konfigurasinya bisa anda lihat pada gambar berikut.


Pada Interface kita inputkan interface dimana Server DHCP tersebut kita setup pada contoh kali ini saya menggunakan ether5.

Valid Server kita inputkan juga dengan MAC Address ether yang kita setup sebagai DHCP Server.

Dan Untuk Alert disetup sesuai kebutuhan saja.

Setelah kita tambahkan konfig tersebut jika ada yang mencoba untuk memasang Rogue pada jaringan local kita pada log router mikrotik akan muncul log seperti gambar berikut.



Demikian sharing yang dapat saya bagikan, terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat. Anda juga bisa membaca altikel tentang jaringan lainya pada duniajaringanindo.




0 Response to "Rogue DHCP Server"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel