Tutorial cara Menghapus Queue Email Zimbra Yang Terindikasi Spam

Dunia Jaringanindo - Tutorial cara mudah menghapus queues Email Zimbra yang terindikasi Spam via CLI. Antrean email dengan jumlah yang besar merupakan salah satu issue pada mail server, antrean ini bisa disebabkan oleh email yang tertahan pada sever MTA, diantara penyebab email tertahan adalah over quota, salah tulis alamat email, IP Outgoing kita terblacklist oleh server penerima. Selain itu penyebab banyaknya email tertahan adalah terdapat user yang mengirimkan email dengan jumlah yang banyak atau mengirimkan email spam. Untuk itu perlu dilakukan penghapusan antrean email di Zimbra yang terindikasi spam, seperti yang akan IlmuZimbra jelaskan dalam artikel “Tutorial  Zimbra Menghapus Queue Spam” ini.

Lamgsung saja kita praktikan Tutorial cara Menghapus Queue Email Zimbra Yang Terindikasi Spam

Dunia Jaringanindo - Tutorial cara mudah menghapus queues Email Zimbra yang terindikasi Spam via CLI. Antrean email dengan jumlah yang besar merupakan salah satu issue pada mail server, antrean ini bisa disebabkan oleh email yang tertahan pada sever MTA, diantara penyebab email tertahan adalah over quota, salah tulis alamat email, IP Outgoing kita terblacklist oleh server penerima. Selain itu penyebab banyaknya email tertahan adalah terdapat user yang mengirimkan email dengan jumlah yang banyak atau mengirimkan email spam. Untuk itu perlu dilakukan penghapusan antrean email di Zimbra yang terindikasi spam, seperti yang akan IlmuZimbra jelaskan dalam artikel “Tutorial  Zimbra Menghapus Queue Spam” ini.

Akses Zimbra via CLI.


Untuk memeriksa antrian email perintahnya adalah
root@mailduniajaringanindo:/home/admmail# /opt/zimbra/libexec/zmqstat
Hasilnya akan muncul seperti berikut
hold=0
corrupt=0
deferred=100
active=0
incoming=0

Untuk mengetahui user mana yang melakukan indikasi spam, dapat kita lakukan dengan menginputkan perintah berikut. namun sebelumnya kita harus login sebagai sebagai user zimbra yaitu dengan perintah
root@mailduniajaringanindo:/home/admmail# su - zimbra
kemudian kita inputkan perintah berikut untuk melihat rincian semua email yang sedang di proses dan statusnya.
zimbra@duniajaringanindo:~$ mailq
Untuk melihat log server zimbra yang sedang berjalan
zimbra@duniajaringanindo:~$ tail -f /var/log/zimbra.log
Setelah mengetahui user yang terindikasi spam, masukan perintah berikut menggunakan user zimbra untuk menghapus antrean email.

Zimbra Versi 8.7 Kebawah

root@mailduniajaringanindo:/home/admmail# /opt/zimbra/postfix/sbin/postqueue -p | egrep -v '^ *\(|-Queue ID-' | awk 'BEGIN { RS = "" } { if ($7 == "user1@ilmuzimbra.com") print $1} ' | tr -d '*!' | /opt/zimbra/postfix/sbin/postsuper -d -

Zimbra Versi 8.7 Keatas

root@mailduniajaringanindo:/home/admmail# /opt/zimbra/common/sbin/postqueue -p | egrep -v '^ *\(|-Queue ID-' | awk 'BEGIN { RS = "" } { if ($7 == "email@domain.com") print $1} ' | tr -d '*!' | /opt/zimbra/common/sbin/postsuper -d -

*Ubah email@domain.com dengan nama user yang terindikasi spam

Untuk menghapus semua email pada queue zimbra bisa kita gunakan perintah
root@mailduniajaringanindo:/home/admmail# /opt/zimbra/common/sbin/postsuper -d ALL
Demikian artikel tentang Tutorial cara Menghapus Queue Email Zimbra Yang Terindikasi Spam. Semoga bermanfaat.

referensi : ilmuzimbra[dot]com

0 Response to "Tutorial cara Menghapus Queue Email Zimbra Yang Terindikasi Spam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel